20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan Ternyata Sangat Banyak Loh. Kira-kira Apa Saja Khasiat Dan Manfaat Brokoli ? Simak Informasinya Disini ya.


Bagi anda yang menyukai sayur-sayuran pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Brokoli. Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang masih satu keluarga dengan kubis-kubisan seperti kol. Sayuran hijau ini berasal dari italia dan sudah dikenal sejak abad ke 6 silam.

Bagian yang paling sering dimakan adalah kepala berbunga hijau atau ungu, yang berbentuk seperti pohon, berasal dari tangkai yang tebal dan dapat dimakan.

Rasa dari brokoli ini memang agak pahit kalau dimakan mentah, Meskipun rasanya tidak disukai oleh kebanyakan orang, namun sebaiknya anda memasukkan sayuran hijau ini ke menu harian anda.

Perlu anda ketahui bahwa brokoli memang sangat bagus untuk dikonsumsi, karena di dalamnya terdapat banyak sekali khasiat dan manfaat untuk kesehatan.

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Brokoli

Brokoli sangat kaya serat makanan dan protein seperti tryptophan. Menurut USDA Nutrient database Nasional, di dalam brokoli terdapat berbagai macam kandungan seperti vitamin A , beta-karoten, lutein zeaxanthin, tiamin , riboflavin , niasin , dan asam pantotenat .

Selain itu brokoli juga mengandung vitamin B6 , folat ( vitamin B9 ), vitamin C , vitamin E , vitamin B1, dan vitamin K . Mineral di dalamnya termasuk kalsium , zat besi , magnesium , seng , natrium , kalium , dan fosfor . Ini juga mengandung asam lemak omega-3 yang sehat.

Dalam hal senyawa organik yang unik, brokoli kaya sumber dari phytonutrisi glucosinolates, isothiocyanate , flavonoid seperti kaempferol, dan berbagai senyawa antioksidan lain yang meningkatkan kesehatan kita dengan cara yang besar.


20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan⇒ Mencegah Penyakit Kronis

Brokoli mengandung senyawa fenolik tertentu yang membantu mencegah penyakit kronis. Hal ini mengurangi peluang Anda menderita kanker, diabetes , asma , gangguan jantung , dan banyak penyakit mematikan lainnya, sehingga menurunkan angka kematian.

⇒ Meningkatkan Kesehatan Otak

Brokoli Kaya vitamin K dan kolin, sehingga membantu meningkatkan kognisi dan memori. Selain itu, sulforaphane di dalamnya juga membantu mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan banyak penyakit neurodegeneratif .

⇒ Menyehatkan Rambut

Nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C, yang ditemukan dalam brokoli, sangat bagus untuk menjaga rambut Anda berkilau, tebal, dan sehat. Vitamin ini juga melawan rambut kering dengan mengatur produksi sebum pada kulit kepala untuk melembabkan rambut secara alami. Hal ini menyebabkan rambut kurang rapuh dan rapuh dan mengurangi kerontokan rambut . Selain itu, termasuk brokoli dalam diet Anda juga memberi Anda rambut berkilau.

⇒ Menjaga Kesehatan Hati

Brokoli dapat menjaga fungsi hati Anda pada tingkat optimal. Penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) terkait dengan kelebihan lemak dan dapat menyebabkan kanker hati dan sirosis. Dr. Elizabeth Jeffrey dari University of Illinois, AS, dalam laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, menyatakan bahwa dengan menambahkan sayuran silangan ini ke dalam diet Anda, Anda dapat menyingkirkan kemungkinan kondisi yang memengaruhi hati dan trigliserida hati.

⇒ Sebagai Pencegah Peradangan

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Jurnal Pencegahan Nutrisi dan Makanan Sains menunjukkan bahwa kuntum brokoli memiliki efek antioksidan dan anti- inflamasi yang kuat. Brokoli memiliki antioksidan seperti vitamin C, kalium, magnesium, sulforaphane, kaempferol, dan banyak lainnya, yang membuat sayuran ini baik untuk meredakan peradangan.

⇒ Mencegah Penuaan Dini

Brokoli memerangi proses penuaan dengan bantuan senyawa yang disebut nicotinamide mononucleotide (NMN) yang ada di dalamnya. NMN mempromosikan produksi senyawa yang memicu metabolisme dan karenanya mencegah perubahan genetik yang mengarah pada penuaan dini. Antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan kolagen juga memainkan peran kunci dalam menunda penuaan.

⇒ Menurunkan Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam International Journal of Food Sciences and Nutrition, menunjukkan bahwa kecambah brokoli dapat meningkatkan resistensi insulin pada pasien diabetes tipe 2 . Untuk menguraikannya, ini menunjukkan bahwa sulforaphane dan kaempferol dalam makanan cruciferous ini memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, sehingga membantu mengendalikannya. Baca Juga : Salep Obat Luka Diabetes Agar Cepat Kering Di Apotik

⇒ Meningkatkan Sistem Metabolisme Tubuh

Nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin D , vitamin K, folat, dan vitamin A dalam membantu brokoli dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Serat, khususnya, menunjukkan TEF (efek termis dari makanan) dan meningkatkan laju metabolisme Anda setelah makan.

⇒ Sebagai Zat Anti Kanker

Brokoli memiliki potensi anti-kanker. Ini sangat bermanfaat untuk kanker payudara dan kanker rahim karena menghilangkan estrogen ekstra dari tubuh. Dr. Jay Fowke, Universitas Massachusetts, sebagai bagian dari disertasinya , “Strategi Diet untuk Mengurangi Risiko Kanker Payudara ,” menunjukkan bahwa konsumsi brokoli dapat membantu menghasilkan perubahan positif pada metabolit estrogen yang disebut 2 hydroxyestrone yaitu. 2-OHE1 pada wanita pasca-menopause. Konsumsi harian 500 gram atau hanya satu pon brokoli, dua kali sehari, membantu menurunkan kadar estrogen dalam tubuh. Selain itu, itu menunjukkan bahwa brokoli mungkin merupakan komponen penting dari strategi untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Semua ini disebabkan oleh kehadiran senyawa anti- karsinogenik yang kuat seperti sulforaphane, glucoraphanin, diindolylmethane, isothiocyanate, beta-carotene, dan selenium di dalamnya. Nutrisi lain yang bertindak sebagai agen anti-kanker adalah vitamin C, A, dan E, seng, kalium, dan asam amino tertentu.

⇒ Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Kehadiran vitamin C, sulfur, dan asam amino membuat brokoli menjadi detoxifier yang sangat baik. Ini membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh, sehingga memurnikan darah dan menyingkirkan masalah terkait toksin seperti bisul , gatal, ruam, asam urat , radang sendi , rematik, batu ginjal, penyakit kulit seperti eksim , dan pengerasan kulit. Ini adalah sayuran alkalin yang membantu menyeimbangkan kadar pH tubuh.

⇒ Mengatasi Gangguan Perut

Brokoli sangat kaya serat atau serat, yang membantu menyembuhkan sembelit karena itulah akar penyebab hampir semua gangguan perut. Serat menambah beratnya makanan, menahan air, dan menstimulasi gerakan usus yang sehat. Magnesium dan vitamin yang ada di dalamnya menyembuhkan keasaman , memfasilitasi pencernaan yang tepat dan penyerapan nutrisi dari makanan dan menenangkan perut dengan mengurangi peradangan.

⇒ Mencegah Penyakit Jantung

Bersama dengan glucoraphanin, kandungan serat tinggi dalam brokoli membantu mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat dan menjaga jantung berfungsi dengan baik. Selain itu, mengurangi empedu memiliki dampak yang kuat pada kadar kolesterol, sehingga membantu kesehatan jantung Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat lebih baik bergabung dengan empedu, membuatnya lebih mudah dan efisien untuk dikeluarkan. Kaempferol adalah flavonoid yang juga membantu menjaga jantung tetap sehat karena sifat anti-peradangannya.

⇒ Sangat Bagus Untuk Kesehatan Mata

Karotenoid seperti zeaxanthin, beta-karoten, dan fosfor, dan vitamin lain seperti vitamin A, B kompleks, C, dan E yang ditemukan dalam brokoli sangat baik untuk kesehatan okular. Zat ini melindungi mata terhadap degenerasi makula dan katarak, sementara juga memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radiasi.

⇒ Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Brokoli berasal ungu dan hijau warna dari antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, selenium, tembaga , kolin seng, dan fosfor. Senyawa-senyawa ini adalah penguat sistem kekebalan tubuh yang luar biasa dan mereka dapat melindungi Anda dari berbagai infeksi.

⇒ Meningkatkan Kesehatan Tulang Dan Gigi

Brokoli menjaga tulang dan gigi tetap kuat karena kaya akan vitamin K, kalsium, magnesium, seng, dan fosfor. Makan itu bisa sangat bermanfaat, terutama untuk anak-anak, orang tua, dan wanita hamil atau menyusui. Itu karena ini adalah orang-orang yang paling rentan terhadap osteoporosis , melemahnya tulang dan gigi, dan kekurangan kalsium. Selain itu, vitamin K sangat penting untuk pembentukan osteocalcin, yang merupakan protein, hanya ditemukan di tulang.

⇒ Nutrisi Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Brokoli penuh nutrisi yang penting untuk ibu hamil. Ini mengandung protein, kalsium, vitamin, antioksidan, zat besi, dan fosfor. Menjadi kaya serat, juga menghilangkan konstipasi , yang sangat umum selama kehamilan. Kandungan folat dalam sayuran ini memastikan bahwa tidak ada cacat lahir seperti cacat tabung saraf, yang merupakan masalah utama bagi wanita hamil yang memiliki kekurangan asam folat dalam makanan mereka.

⇒ Mengontrol Tekanan Darah

Kromium, ditemukan berlimpah dalam brokoli, membantu dalam berfungsinya insulin dan mengatur gula darah, dengan demikian juga mengatur tekanan darah. Juga, potasium, yang ditemukan di dalamnya, adalah vasodilator. Ini membantu meningkatkan aliran darah dan oksigenasi organ-organ penting dengan mengurangi ketegangan dan stres pembuluh darah dan pembuluh darah. Magnesium dan kalsium juga membantu dalam mengatur tekanan darah dan menjaga jantung terlindungi dari penyakit kardiovaskular seperti stroke atau serangan jantung.

⇒ Mengobati Anemia

Brokoli kaya zat besi dan protein dan karenanya, membentuk obat yang sangat baik terhadap anemia . Tembaga juga merupakan mineral penting lainnya dalam produksi sel darah merah, bersama dengan besi. Jadi sertakan sayuran hijau ini dalam diet Anda dan cegah anemia.

⇒ Sangat Bagus Untuk Perawatan Kulit

Brokoli membantu perawatan kulit dan memberi Anda penampilan bercahaya, sehat, dan bercahaya. Antioksidan seperti beta-karoten, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, asam lemak omega 3 , asam amino, dan folat, hadir di dalamnya, melakukan sihir ini.

⇒ Meningkatkan Kinerja Seksual

Brokoli dapat meningkatkan sirkulasi darah ke organ tubuh dan membantu meningkatkan libido. Ini mengandung folat dan vitamin C, yang dapat meningkatkan kesuburan dan meningkatkan jumlah sperma.

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

20 Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

manfaat brokoli untuk wanita

manfaat brokoli putih

manfaat brokoli rebus

manfaat brokoli untuk diet

manfaat brokoli untuk bayi

bahaya brokoli

manfaat brokoli untuk anak

kandungan brokoli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *